Berita

Berita

1.000 Aparat Personel Gabungan Disiapkan Amankan KIE

KEBUMEN - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menggelar rapat terbatas dengan jajaran Polres Kebumen, guna membahas kesiapan pengamanan Kebumen International Expo (KIE) rapat juga dihadiri oleh Pihak TNI dari Kodim 0709, Satpol PP, Dishub, dan perwakilan event organizer. Bupati menyatakan, pengamanan menjadi hal yang sangat penting demi lancarnya sebuah acara. Pihaknya sudah mempercayakan kepada Polres dan jajaran terkait untuk ikut sama-sama mensukseskan kegiatan KIE dari sisi pengamanan.

"Pengamanan ini penting karena ini event besar yang bakal dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah. Sehingga saya minta dukungan dari Kepolisian dan TNI beserta Satpol PP untuk ikut mengamankan jalanya acara," ujar Bupati di Ruang Rapat Arungbinang, Komplek Pendopo Kabumian pada Selasa (21/6).

Terlebih kata Bupati, dirinya sudah menerima informasi ada banyak warga di luar Kebumen yang sudah menyiapkan diri menggunakan bus untuk berangkat ke Kebumen mengunjungi KIE sekaligus nonton konser. Untuk itu, pihaknya menyerahkan hal ini ke kepolisian dan jajaran terkait.

 

Sementara itu Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menyatakan, pihaknya siap mendukung jalannya KIE agar berjalan lancar. Setidaknya 1.000 personel aparat gabungan disiapkan untuk menjaga pengamanan selama KIE berlangsung.

"Ada 1.000 personel aparat gabungan yang kita siapkan untuk pengamanan KIE, terdiri TNI/Polri Brimob, Dalmas, Dishub dan juga Satpol PP. Semua kita arahkan untuk siap siaga menjaga keamanan KIE," tuturnya.

 

Pengamanan kata dia, terdiri dari pengamanan dalam dan pengamanan luar. Meliputi pengamanan pejabat, artis, dan juga pengunjung. "Pengamanan juga dibagi dua shift, siang dan malam. Untuk siang relatif lebih sedikit dibanding sore hari karena malamnya ada konser," ucapnya. Di waktu-waktu tertentu yang dianggap rawan, kata Polres, pihaknya juga siap menambahkan 9 peleton aparat yang terdiri 30 sampai 50 personel. Mereka akan siap siaga untuk berjaga di sembilan titik yang mengarah ke alun-alun Kebumen. 

"Kita siapkan tambahan 9 peleton untuk menjaga di pos-pos atau titik-titik yang masuk ke arah alun-alun. Itu rencananya pada saat konser Rhoma Irama dan Iwan Fals," tuturnya.


Pada prisipnya kata Kapolres, pihaknya akan menambah jumlah pasukan yang sudah stand bay jika memang diperlukan. Karena dalam pengamanan ini ada Bantuan Kendali Operasi atau BKO aparat dari luar Kebumen.

<< Lainnya