Berita

Berita

Promosikan Produk UMKM, Bupati Bakal Adakan International Expo Kebumen

KEBUMENKAB.GO.ID- Bupati Arif Sugiyanto terus berkomitmen menciptakan pemerataan pembangunan di Kebumen dimulai dari desa ke desa. Karena ia menginginkan pembangunan datang dari bawah ke atas bottom up.


Hal itu dikatakan Arif saat mengikuti acara 'Mubeng Kebumen' session kedua di Rumah Kepala Desa Kertodeso, Kecamatan Mirit yang turut dihadiri Kepala Desa se Kecamatan Mirit serta sejumlah pimpinan OPD dan warga masyarakat, Rabu (29/12). 


"Mubeng Kebumen ini dalam rangka serap aspirasi, karena kita ingin melakukan pembangunan betul-betul dimulai dari bawah. Sehingga pemerintah perlu mendengar masukan dan saran dari masyarakat untuk pembangunan Kebumen yang lebih baik," ujar Bupati.


Salah satu aspirasi yang disampaikan ke Bupati adalah, masyarakat dari para pelaku UMKM membutuhkan kemudahan perizinan usaha dari pemerintah. Termasuk Badan Usaha Milik Desa. Kemudian persoalan pertanian, pupuk, irigasi sampai pembangunan infrastruktur jalan dan Dana Desa.


"Jadi saya sengaja bawa kepala-kepala dinas ke sini biar mereka tahu apa persoalan yang dihadapi masyarakat. Seperti perizinan usaha bagi UMKM saya minta segera diurus dibuatkan gratis. Berikan layanan terbaik untuk masyarakat, jangan dipersulit," terang Bupati.


Tidak hanya itu, untuk mempromosikan produk UMKM, Bupati berencana mengadakan International Expo Kebumen (IEK) pada Juni - Juli 2022 selama 1 bulan penuh. IEK ini menjadi wadah atau ajang bagi para pelaku UMKM di Kebumen untuk mempromosikan produknya ke masyarakat luar.


"Kalau di Jakarta ada Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair, kita juga akan adakan IEK. Full satu bulan, kita hadirkan pesta rakyat, untuk ajang promosi UMKM, standnya kita berikan secara gratis. Bisa jadi ini kabupaten pertama Jateng atau bahkan di Indonesia yang akan mengadakan event seperti ini," terangnya.


Untuk bisa mewujudkan itu tidak mudah, karena ini bakal menjadi event berskala nasional. Pihaknya juga akan menghadirkan kabupaten lain dari berbagai daerah untuk datang ke Kebumen. Termasuk mendatangkan tokoh nasional, serta artis atau musisi papan atas.


"Tujuannya adalah untuk mempromosikan Kebumen ke masyarakat luas. Kota ini harus lebih dikenal lagi oleh masyarakat luar. Sehingga harapannya Kebumen bukan lagi menjadi kota transit, tapi kota tujuan wisata, semua infrastruktur dan SDM harus kita siapkan," terang Bupati.


Kemudian terkait infastruktur, untuk mendukung pembangunan di wilayah Kebumen timur, pihaknya tengah berupaya melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membangun stadion atau GOR di Mirit.


"Untuk jalan poros di Mirit kita sudah rencanakan untuk dilakukan pembangunan di 2022. Kemudian untuk pengembangannya kita tengah mengupayakan adanya pembangunan stadion atau GOR di Mirit. Komunikasi dengan dengan pusat sudah inten kita lakukan," jelasnya.


Diketahui dalam acara Mubeng Kebumen ini, Bupati turut serta membagikan sejumlah paket sembako ke masyarakat. Termasuk memberikan santunan dan bantuan kepada pengasuh panti asuhan para penyandang ODGJ, yakni Mbah Marsiyo di Desa Winong, Mirit. (al/dp)

<< Lainnya